Info CPNS Provinsi Sumatera Utara

Posted by Unknown Update Wednesday, August 15, 2012
Info CPNS Provinsi Sumatera Utara
Lowongan Kerja CPNS Provinsi Sumatera Utara 2012 | Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut, Nurdin Lubis, mengatakan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) hanya mengabulkan tiga kabupaten/kota di Sumut membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS 2012).

“Itu berdasarkan surat edaran Menpan. Jadi untuk tahun ini hanya tiga daerah yang buka. Labusel, Labura, dan Kota Sibolga. Sumut saja belum dikabulkan,” kata Nurdin, Senin (13/8/2012).

Sesuai jadwal yang sudah diterima Pemprov Sumut, pendaftaran CPNS untuk ketiga daerah tersebut akan dibuka 8-9 September 2012.

Namun, Nurdin yang didampingi Kepala BKD Sumut, Suherman, menjelaskan, ada kemungkinan penerimaan CPNS ketiga daerah tersebut akan diundur sampai tahun depan.

Pasalnya, ketiga daerah tersebut takut jumlah pendaftar membeludak dan tidak sanggup menampung peserta ujian.

“Kalau dibuka hanya di tiga daerah itu, mereka takut terlalu membeludak pendaftarnya. Jadi mereka (peserta) bisa juga mengundurkan diri (karena banyak pesaing). Bayangkan saja kalau peserta testing seperti tahun lalu, jumlahnya 10 ribu orang, di mana tempat ujiannya? kan tidak ada tempat yang cukup di daerah itu,” jelas Nurdin.

Nurdin mengaku belum tahu detail formasi apa saja yang dibutuhkan ketiga daerah tersebut.

“Sejauh ini, memang baru ketiga daerah itu yang dikabulkan Menpan, formasinya saya tidak tahu detailnya, nanti akan kita lihat dulu,” ujarnya.

Kepala BKD Labuhanbatu Utara (Labura) Marwan mengaku, pihaknya belum mendapat informasi lebih lanjut seperti kuota ataupun waktu ujian CPNS.“Mungkin suratnya baru turun dua atau tiga hari lagi atau setelah Lebaran,” ujarnya. Marwan mengaku tidak hafal berapa jumlah pegawai baru yang dimohonkan kepada pemerintah pusat berdasarkan analisa jabatan yang telah mereka lakukan.

“Saya tidak hafal datanya. Nanti takutnya asal sebut, jadi salah,” katanya ragu. Namun, ia telah mendengar kuota yang akan diberikan untuk daerahnya relatif sedikit dibanding kebutuhan riil pegawai baru.“Saya dengar hanya sedikit. Tapi, kita lihat saja nanti apakah bisa kita laksanakan,” katanya. Informasi tentang dibukanya CPNS untuk tiga daerah di Sumut tersebut sudah sampai di kalangan masyarakat Labusel. Ini dikatakan oleh Kabag Humas Pemkab Labusel M Karim.

“Animo kawula muda mau masuk CPNS cukup tinggi. Di sini mungkin pegawai yang dari penduduk setempat persentasenya hanya 35 persen,” ujarnya.

Namun, sama dengan rekannya dari Labura, Karim juga belum mendapat informasi lengkap tentang kabar yang dinanti-nanti itu dan hanya mendapat kabar dari media massa.

“Belum ada edaran dari Menpan. Belum ada kejelasan,” katanya. Di daerah perkebunan kelapa sawit ini, menurutnya, baru dilakukan dua kali perekrutan pegawai yaitu tahun 2009 dan 2010. “Kami butuh ratusan orang pegawai lagi terutama untuk tenaga pendidikan dan tenaga medis,” ujarnya. (tribunnews) | Lowongan Kerja CPNS Provinsi Sumut (Labusel, Labura, dan Kota Sibolga)