Penerimaan Calon Bintara TNI - AD, SLTA Sederajat

Posted by Unknown Update Friday, July 5, 2013
Penerimaan Calon Bintara TNI - AD, SLTA Sederajat
TNI atau Tentara Nasional Indonesia bertanggung jawab atas operasi darat, TNI dipimpin oleh seorang Kepala Staf TNI Angkatan Darat (TNI-AD). Kekuatan TNI-AD saat ini terbagi dalam 13 Komando Daerah Militer, misalnya Komando Daerah Militer Jaya yang meliputi DKI Jakarta, Tangerang dan Bekasi, Komando Daerah Militer V/Brawijaya, yang meliputi Jawa Timur, dan 11 Komando Daerah Militer lainnya. Selain itu juga membawahi Korps Kostrad, dan Kopassus,. Dan sumber Prajurit TNI AD dididik dan dilatih di Akademi Militer AD, SECAPA AD, dan Seskoad.

Saat ini TNI - AD Republik Indonesia memberi kesempatan kepada Warga Negara Indonesia lulusan SLTA sederajat untuk bergabung menjadi anggota Calon Bintara TNI - AD 2013, dengan ketentuan persyaratan sebagai berikut :

PERSYARATAN UMUM
  1. Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.
  4. Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 11 November 2013.
  5. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.
  6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
PERSYARATAN LAIN
  1. Pria/Wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/SPK atau yang setara baik negeri atau swasta yang disamakan/terakreditasi.
  3. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama.
  4. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 Cm untuk pria dan 160 Cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  5. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
  6. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  7. Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/Kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/wali (sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003).
  8. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.: Administrasi. Kesehatan. Jasmani. Wawancara. Psikologi dan Akademik.
  9. Nilai akhir rata-rata minimal hasil ujian sbb :
    • Lulusan SMA/MA/SMK thn 2009 dan 2010, nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 6,5.
    • Lulusan SMA/MA/SMK thn 2011 dan 2012, nilai rata-rata (gabungan nilai Ujian Nasional dengan nilai Ujian Sekolah) minimal 6,8.
    • Lulusan SMA/MA/SMK thn 2013, nilai rata-rata (gabungan nilai Ujian Nasional dengan nilai Ujian Sekolah) minimal 6,0.
PERSYARATAN TAMBAHAN
  1. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemendiknas.
  2. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
  3. Bagi yang sudah bekerja : Melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas/jawatan/Instansi yang bersangkutan.
  4. Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Bintara PK TNI AD.
  5. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.
Jika anda berminat silahkan lihat sumber resmi dari TNI AD pada link : Pendaftaran online penerimaan Calon Bintara TNI - AD Tahun 2013. Pendaftaran ditutup pada 12 Juli 2013