Informasi CPNS Pemda DIY

Posted by Unknown Update Tuesday, August 20, 2013
Informasi CPNS Pemda DIY
DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) merupakan Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia dan merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Saat ini ditahun 2013 Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta akan membuka Penerimaan CPNS.

Kemenpan dan Reformasi Birokrasi akhirnya hanya menyetujui 120 formasi setelah Pemda DIY mengajukan formasi CPNS sebanyak 1.074 pada awal tahun. Jumlah ini lebih banyak dari perkiraan permintaan yang akan dikabulkan pusat, sebanyak 50 formasi.
"Kami mendapat 120 formasi. Rinciannya apa saja belum ada. Tapi yang jelas prioritas adalah tenaga medis," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Agus Suprianto, Minggu (18/8/2013).

Menurutnya, Pemda DIY telah menerima surat keputusan dari Kemenpan dan Reformasi Birokrasi mengenai penerimaan CPNS 2013. Sebab, DIY memenuhi ketentuan karena anggaran belanja pegawai tiap tahunnya tak lebih dari 50 persen total APBD.

Untuk tahun 2012, Pemda DIY hanya menghabiskan 28,5 persen APBD untuk belanja pegawai. Hal ini tentunya menjadi keuntungan dapat melaksanakan penerimaan CPNS di tengah kekurangan pegawai yang terus terjadi.

Tiap tahunnya, rata-rata ada sekitar 400 PNS di lingkup Pemda DIY yang pensiun. Sedangkan saat ini hanya ada 7.300 PNS dari jumlah ideal diperkirakan adalah 8.000 PNS. Dengan asumsi, 4.000 sampai 5.000 staf struktural dan 3.000 pegawai fungsional.

Ditambahkan Agus, perkiraan pembagian kebutuhan dari jatah 120 formasi adalah 60 persen untuk tenaga medis, 30 persen tenaga pendidik dan sisanya atau 10 persen digunakan tenaga teknis. Sekolah yang menjadi kewenangan Pemda DIY adalah SLB dan eks RSBI.

"Prosedurnya seperti apa kami belum tahu. Tapi Insya Allah (penyelenggaraan tes CPNS) akhir tahun ini," ucap Agus.(TRIBUNNEWS.COM)