Lowongan Kerja CPNS Kementerian Luar Negeri

Posted by Unknown Update Wednesday, September 3, 2014
Lowongan Kerja Kementerian Luar Negeri
Kementerian Luar Negeri - Kemlu, adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan luar negeri. Kementerian Luar Negeri dipimpin oleh seorang Menteri Luar Negeri (Menlu). Kementerian Luar Negeri merupakan salah satu dari tiga kementerian (bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pertahanan) yang disebutkan secara eksplisit dalam UUD 1945. Kementerian Luar Negeri tidak dapat diubah atau dibubarkan oleh presiden.

Menteri Luar Negeri secara bersama-sama dengan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pertahanan bertindak sebagai pelaksana tugas kepresidenan jika Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia pria dan wanita yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III dan II untuk ditugaskan di lingkungan Kementerian Luar Negeri RI dan Perwakilan RI di Luar Negeri dengan ketenruan sebagai berikut :

Jabatan, Kualifikasi Pendidikan dan Jumlah Formasi :

Diplomat
Persyaratan :
  • Lulusan S1 (100 orang), S2 atau S3(50 orang), dari Jurusan :
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Politik, Studi Kawasan, Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Negara).
    • Ilmu Hukum (Hukum Internasional, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Bisnis, Hukum Lingkungan, Hukum Tata Negara, dan Hukum Administrasi Negara).
    • Ilmu Ekonomi
    • Ilmu Pengetahuan Budaya/Sastra (Arab, Cina, Inggris, Jepang, Jerman, Korea, Perancis, Rusia.
  • Lulusan PTN atau PTS dengan program studinya terakreditasi minimal B oleh BAN-PT pada saat tanggal kelulusan, atau Perguruan Tinggi luar negeri, dengan Nilai IPK : :
    • S1 : Minimal 2.75
    • S2 : Minimal 3.00
    • S3 : Minimal 3.00
  • Mampu bahasa Inggris dengan baik lisan maupun tulisan, dan/atau bahasa lainnya (Arab, Spanyol, Mandarin, Perancis, dan Rusia), dan/atau bahasa asing lainnya (Jepang, Jerman, dan Korea).
  • Bersedia tidak mengundurkan diri selama Diklat dan menjalani ikatan dinas selama 5 (lima) tahun sejak selesai Diklat.
Pengadministrasi Keuangan / Pengadministrasi Anggaran / Verifikator Keuangan / Bendahara
Persyaratan :
  • Lulusan D3 (25 Orang), dari jurusan Akuntansi, Manajemen, Administrasi Negara, Administrasi Niaga
  • Lulusan PTN atau PTS di Indonesia yang program studinya terakreditasi minimal B dengan program studinya terakreditasi minimal B oleh BAN-PT pada saat tanggal kelulusan, atau Perguruan Tinggi luar negeri, dengan Nili IPK minimal 2,75 (skala 4).
  • Mampu bahasa Inggris dengan baik lisan maupun tulisan
  • Bersedia tidak mengundurkan diri selama Diklat dan menjalani ikatan dinas selama 5 (lima) tahun sejak selesai Diklat
Persyaratan Umum :
  1. WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Usia minimal 18 tahun (tanggal lahir 1 Desember 1996 dan sebelumnya) dan maksimal :
    • D3 dan S1 : 28 tahun (tanggal lahir 1 Desember 1986 dan setelahnya)
    • S2 : 32 tahun (tanggal lahir 1 Desember 1982 dan setelahnya)
    • S3 : 35 tahun (tanggal lahir 1 Desember 1979 dan setelahnya)
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain. 
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah, termasuk di negara/wilayah yang rawan secara politik, ekonomi maupun keamanan.
Jika tertarik silakan, melakukan pendaftaran secara online melalui situs dengan alamat : https://panselnas.menpan.go.id. Kemudian, dilanjutkan mendaftar ke alamat : https://e-cpns.kemlu.go.id paling lambat 16 September 2014 untuk mencetak formulir registrasi beserta pernyataan menyetujui ketentuan dan syarat yang telah ditetapkan.

Silakan lihat info lebih lanjut : Lowongan CPNS 2014 Kemlu.

Baca juga :

Hati-hati penipuan !. Panitia Seleksi Penerimaan CPNS di Kementerian Luar Negeri Tahun 2014, tidak memungut biaya apapun dalam seluruh tahapan seleksi.